Karim Beguir Ingin Memberdayakan Dunia Dengan AI

(SeaPRwire) –   Untuk sebuah industri yang mengandalkan kebaruan, teknologi bisa sangat bertahan lama. Banyak pemain besar berkantor pusat di suatu lembah di California Utara, dan inovasi yang mengubah dunia sering kali dihasilkan oleh raksasa seperti Apple dan Google. Namun, hanya dalam satu dekade, perusahaan AI pengambil keputusan InstaDeep menantang status quo tersebut. Dipimpin oleh salah satu pendiri sekaligus CEO Karim Beguir, perusahaan ini mendirikan kantor di Tunisia, jauh dari gelembung teknologi Bay Area. InstaDeep juga beroperasi di ranah yang kompleks: teknologi mendalam, yang berarti menciptakan teknologi baru melalui inovasi ilmiah dan tekniknya sendiri. Perusahaan membangun sistem AI yang dapat membuat keputusan untuk bisnis, yang dapat memiliki aplikasi mulai dari mengidentifikasi kandidat obat yang paling menjanjikan untuk diuji, hingga mengoptimalkan jaringan listrik untuk efisiensi energi.

Karya InstaDeep tidak hanya menunjukkan seberapa jauh perkembangan AI, tetapi juga menunjukkan jenis dunia yang mungkin diciptakan oleh teknologi tersebut. Dalam mendirikan perusahaan 10 tahun lalu, Beguir—seorang matematikawan yang sebelumnya bekerja di bidang keuangan—mengatakan bahwa ia berangkat untuk “membuktikan bahwa inovasi teknologi mendalam adalah mungkin” di negara berkembang dengan menerbitkan penelitian AI, menciptakan algoritme baru, dan menerapkannya secara praktis—semuanya dilakukan oleh tim yang sebagian besar berbasis di Afrika.

Saat ini, usaha-usaha InstaDeep mengisyaratkan bidang-bidang yang paling dapat diubah oleh AI, mulai dari mengenai pengikatan protein—yang relevan untuk penemuan obat—hingga penelitian tentang robot dengan Google. Perusahaan telah memindahkan kantor pusatnya ke London, tetapi tetap mempertahankan kehadiran yang besar di Afrika, termasuk kantor di Cape Town, Lagos, dan Tunis. Pada tahun 2022, perusahaan ini meluncurkan berbasis AI dengan BioNTech yang dapat mengidentifikasi varian virus COVID-19 yang perlu diwaspadai dua bulan lebih awal, rata-rata. Kemudian, pada bulan Juli 2023, BioNTech mengakuisisi InstaDeep seharga $680 juta.

Maka, tidak mengherankan jika Beguir begitu selaras dengan luasnya potensi AI. Sementara kemampuan percakapan ChatGPT membuat orang-orang di seluruh dunia kagum, ia berfokus pada pengembangan teknologi yang dapat melayani berbagai tujuan dan industri yang lebih luas. Salah satu area yang menjanjikan adalah transportasi. InstaDeep sedang mengerjakan sebuah proyek di Jerman yang bertujuan untuk menggunakan AI untuk merencanakan rute kereta api, dan menjadwal ulang rute tersebut saat layanan terganggu. Tujuannya, menurut deutsche Bahn AG, adalah untuk menciptakan sistem nasional yang secara efisien dapat mengatasi keterlambatan dan mengoperasikan lebih banyak kereta api.

“Ini adalah waktu yang sangat menarik di mana bisnis yang berfokus pada AI dan berinvestasi pada teknologi ini dapat memiliki hasil yang [tidak proporsional],” kata Beguir. “Bagian penting dalam memastikan bahwa AI akan bermanfaat bagi perekonomian, dan bukan hanya bagi sedikit orang yang berada di garis depan pengembangannya, adalah dengan meminta banyak bisnis untuk mengadopsi AI.” Secara khusus, katanya, AI dapat membuka peluang ekonomi besar bagi negara berkembang. Namun, jika sekelompok bisnis yang beragam tidak memanfaatkan pertumbuhan AI, mereka mungkin akan bergantung pada teknologi yang diciptakan di negara lain. Seperti yang diperingatkan oleh beberapa ahli, AI yang dibangun oleh sebagian besar orang kulit putih, laki-laki, dan tenaga kerja Barat berisiko menanamkan bias, seperti gagal menciptakan AI yang tidak beroperasi dengan baik dalam bahasa yang digunakan oleh jutaan orang.

Atas dasar itu, Beguir percaya bahwa penting bagi masyarakat di seluruh dunia untuk membantu membentuk teknologi yang sedang berkembang, untuk memastikan bahwa teknologi tersebut akan lebih melayani komunitas mereka dan meminimalkan potensi bias. Bagi InstaDeep, itu termasuk menumbuhkan upaya untuk membangun model pemrosesan bahasa alami pertama untuk bahasa dari Nigeria dan Tunisia. Beguir juga berpendapat bahwa melibatkan masyarakat setempat dalam membangun AI sangatlah penting. Ia bekerja sebagai mentor Google For Startups Accelerator, dan merupakan anggota komite pengarah untuk Deep Learning Indaba, sebuah organisasi yang membangun komunitas seputar pembelajaran mesin di Afrika. InstaDeep telah membuka pos terdepan di Kigali, Rwanda, untuk menjaring lebih banyak talenta muda di wilayah tersebut.

“Jika kita ingin menghindari ketergantungan, dan jika kita ingin menghindari meningkatnya kesenjangan—karena ini adalah salah satu risiko utama dengan kecerdasan buatan—yang penting adalah banyak komunitas di seluruh dunia, benar-benar menyesuaikan teknologi dan belajar bagaimana menggunakannya untuk kebutuhan mereka sendiri,” kata Beguir. Ia berharap keberhasilan InstaDeep dan pengakuan global yang terus meningkat telah menunjukkan bahwa adalah mungkin bagi sebuah perusahaan besar dan inovatif dengan keberadaan yang cukup besar di Afrika untuk “membangun jembatan” ke pusat-pusat teknologi di bagian dunia lainnya—yang dengan demikian mendorong lebih banyak investasi pada perusahaan rintisan serupa. Perusahaan ini dapat tumbuh dengan begitu cepat sejak didirikan pada tahun 2014 sebagian karena minat dan keterlibatan dari talenta lokal, kata Beguir.

“Saya percaya banyak hal berubah saat Anda melihat contoh-contoh positif dari kesuksesan, contoh-contoh positif tentang apa yang dapat dihadirkan oleh kreativitas, inovasi, yang menginspirasi Anda untuk maju dan membangun,” kata Beguir. “Itulah masa depan yang saya perjuangkan.”

Profil ini diterbitkan sebagai bagian dari inisiatif TIME, yang mengakui para pemimpin dari seluruh dunia yang mendorong perubahan dalam komunitas dan industri mereka. Upacara Penghargaan Dampak TIME100 berikutnya akan diadakan pada tanggal 11 Februari di Dubai.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Mengapa Saya Terus Terkena COVID-19 tetapi Orang-orang di Sekitar Saya Tidak?

Jum Feb 9 , 2024
(SeaPRwire) –   COVID-19 tidak selalu mempengaruhi orang dengan cara yang sama. Jika seseorang sakit, misalnya, tidak semua orang dalam lingkaran sosial dekat orang tersebut akan terinfeksi—meskipun mereka baru-baru ini menghabiskan waktu bersama. Tapi mengapa? Dalam sebuah penelitian, para peneliti menyelidiki faktor-faktor berbeda yang berperan, mulai dari genetika hingga intervensi […]