Jakarta () – Kapal pelacak Yuanwang-3 milik China diberangkatkan dari pelabuhan pada Minggu (18/12) untuk menjalani misi baru pemantauan pesawat antariksa.

Para kru akan menghabiskan liburan Tahun Baru dan Festival Musim Semi di atas kapal selama pelayaran tersebut. Sebelum mengangkat sauh, mereka telah memeriksa fasilitas, menerima pelatihan, dan mengisi kembali perbekalan guna memastikan keberhasilan misi.

Tahun ini, kapal itu telah menghabiskan lebih dari 120 hari di laut, berlayar sejauh lebih dari 33.000 mil laut, dan merampungkan empat misi pemantauan, termasuk misi pemantauan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-14.

Yuanwang-3 merupakan kapal pelacak antariksa generasi kedua milik China. Kapal ini melakukan misi pelacakan dan pemantauan maritim untuk satelit orbit tinggi, sedang, maupun rendah, pesawat luar angkasa, serta modul stasiun luar angkasa.

Sejak diluncurkan lebih dari 20 tahun yang lalu, kapal ini telah melakukan lebih dari 60 pelayaran dan merampungkan 100 misi, termasuk pelacakan pesawat luar angkasa Shenzhou, wahana antariksa Chang'e, dan satelit BeiDou, yang mempertahankan tingkat keberhasilan 100 persen. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © 2022