Mekkah () – Jamaah calon haji kloter 1 Embarkasi Solo (SOC1) tiba di Hotel Kiswah, Mekkah setelah menempuh perjalanan sekitar enam jam dari Madinah pada Minggu (12/6), pukul 23.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau sekitar pukul 03.00 WIB.

Kedatangan jamaah disambut Konjen RI di Jeddah Eko Hartono didampingi Direktur Administrasi Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara Adnan H. Mandourah serta Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif.

Setiba di hotel, para tamu Allah tersebut disambut dengan lantunan selawat dan taburan bunga. Mereka juga mendapat suguhan air zamzam dan berbagai camilan serta setangkai bunga mawar.

Meski kelelahan menempuh perjalanan, kebahagiaan dirasakan jamaah, seperti disampaikan Mukarromah, calon haji asal Pati, Jawa Tengah.

Ia mengaku bahagia sudah tiba di Mekkah setelah 12 tahun lebih menanti untuk ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah akhirnya sampai juga di Mekkah, sudah 10 tahun menanti dan tertunda dua tahun karena pandemi," katanya.

Sebanyak 358 calon haji Embarkasi SOC1 diberangkatkan dengan delapan bus dari Bir Ali Madinah, pukul 17.35 WAS.

"Ini adalah kloter pertama yang dulu tiba 4 Juni berasal dari Embarkasi Solo. Harapan kita seluruh jamaah diberi kesehatan, dapat menjalankan ibadah dengan baik sehingga perjalanan ibadah haji mereka bisa berjalan dengan baik," kata Konjen RI di Jeddah Eko Hartono.​​

Selain Embarkasi SOC1, jamaah yang tiba di Mekkah dalam waktu yang sama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG1) sebanyak 388 orang yang ditempatkan di Hotel Al Lulu'ah di Sektor 3 Raudhah.

Baca juga: Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara tingkatkan layanan haji 2022
Baca juga: Jamaah calon haji akan tempati 40 hotel di lima sektor di Mekkah
Baca juga: Jamaah calon haji di Mekkah akan dilayani seluruhnya oleh bus shalawat

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © 2022