Penghargaan Asosiasi Peraih Penghargaan Dunia (World Laureates Association/WLA) 2022 dianugerahkan kepada dua ilmuwan

Shanghai () – Forum Peraih Penghargaan Dunia (World Laureates Forum) Ke-5 dibuka pada Minggu (6/11) di Shanghai, mengumpulkan 60 ilmuwan peraih penghargaan, termasuk 27 peraih Penghargaan Nobel, dalam acara selama dua hari yang digelar secara daring dan luring.

Mengusung tema Science Forward: Create a Bright Future, forum tersebut menyelenggarakan lebih dari 20 kegiatan, dengan fokus pada topik-topik seperti pembangunan berkelanjutan, ketahanan pangan dan kesetaraan gender di bidang ilmiah.

Pada upacara pembukaan, Penghargaan Asosiasi Peraih Penghargaan Dunia (World Laureates Association/WLA) 2022 dianugerahkan kepada dua ilmuwan.

Penghargaan WLA 2022 di bidang Ilmu Komputer atau Matematika diberikan kepada ilmuwan komputer asal Amerika Serikat (AS) Michael I. Jordan.

Penghargaan WLA 2022 di bidang Ilmu Kehidupan atau Kedokteran diberikan kepada ahli biokimia asal Jerman Dirk Görlich.

Selain medali dan sertifikat, masing-masing peraih juga menerima hadiah 10 juta yuan (1 yuan = Rp2.143).

Dibentuk di Shanghai, Penghargaan WLA bertujuan untuk memberikan pengakuan dan dukungan bagi para peneliti dan pakar teknologi terkemuka di seluruh dunia atas kontribusi mereka terhadap ilmu pengetahuan.

Penyerahan penghargaan itu menjadi yang pertama kalinya diadakan dalam forum tersebut.

Diselenggarakan bersama oleh WLA dan Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, forum tersebut bertujuan untuk membangun platform untuk dialog tingkat tinggi dalam komunitas ilmiah internasional. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © 2022