Jakarta () – Sejumlah berita humaniora sepekan yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari kasus COVID-19 melandai hingga Presiden Jokowi beli Noken di pinggir jalan dari mama-mama.

1. Kasus COVID-19 melandai, Luhut ingatkan agar tak berpuas diri

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali meminta semua pihak tidak berpuas diri dan tetap berhati-hati meski kasus COVID-19 di Tanah Air telah melandai.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Menko PMK: Tiga provinsi diprediksi alami kenaikan angka stunting

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa angka kasus stunting di tiga provinsi diprediksi mengalami kenaikan. Ia juga mengatakan bahwa secara nasional angka kasus stunting pada 2020 diperkirakan 26,92 persen.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Menko PMK: Tiga provinsi diprediksi alami kenaikan angka stunting

3. Vaksinasi pertama penyandang disabilitas-pendamping capai 95 persen

Staf Khusus Presiden bidang sosial Angkie Yudhistia melaporkan vaksinasi pertama untuk penyandang disabilitas dan pendamping di enam provinsi telah mencapai 95 persen.

Keenam provinsi yang melaporkan vaksinasi untuk penyandang disabilitas tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Vaksinasi pertama penyandang disabilitas-pendamping capai 95 persen

4. Ahli prediksi gelombang ketiga COVID-19 terjadi di 2022

Ahli virologi yang juga Guru Besar Universitas Udayana Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika memprediksi gelombang ketiga kasus COVID-19 terjadi pada 2022.

"Saya bahkan bisa prediksi kalau melihat pola tahun lalu, maka letupan kembali saya prediksi bulan Januari – Februari 2022," kata Mahardika.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Ahli prediksi gelombang ketiga COVID-19 terjadi di 2022

5. Presiden beli Noken di pinggir jalan dari Mama-Mama

Dalam perjalanan menuju hotel setelah tiba di Bandara Sentani, Papua, Presiden Joko Widodo menyempatkan berhenti untuk membeli tas rajutan asli Papua yang dikenal sebagai noken dari "mama-mama" atau ibu-ibu penjual di Jalan Raya Hawai Sentani.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Presiden beli Noken di pinggir jalan dari Mama-Mama
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2021