Jakarta () – Sejumlah berita humaniora pada Senin (16/8) yang masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari tes PCR di Banda Aceh gratis hingga vaksin Merah Putih diharapkan bisa digunakan mulai pertengahan 2022.

Berikut ringkasan berita humaniora Senin:

1. Satgas sebut tes usap PCR COVID-19 di Aceh tak dipungut biaya

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Pemerintah Aceh menyatakan pemeriksaan sampel usap (swab) metode polymerase chain reaction (PCR) di fasilitas kesehatan milik pemerintah di provinsi ujung barat Indonesia itu gratis sejak awal pandemi.

"Sejak awal pandemi COVID-19, tes PCR di Aceh tidak dipungut biaya," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin.

2. Mobil respons cepat vaksin keliling mulai beroperasi di Surabaya

Mobil respons cepat vaksin keliling terobosan baru Polrestabes Surabaya bekerja sama dengan pemerintah kota setempat mulai beroperasi di kecamatan-kecamatan di Kota Pahlawan, Jawa Timur, Senin ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, mobilnya sudah siap untuk digunakan keliling, lengkap dengan para tenaga kesehatan (nakes).

"Alhamdulillah, selalu ada dukungan dari Polri, TNI, maupun Pemprov Jatim," kata Febria Rachmanita.

3. 5.000.000 vaksin Sinovac tiba di Indonesia

Sebanyak 5.000.000 dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin siang.

"Pada siang hari ini Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19 sejumlah 5.000.000 dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi," kata Asisten Operasi Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Syafrudin, saat jumpa pers secara daring melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin.

Dengan demikian, lanjut dia, total jumlah vaksin yang datang ke Indonesia menjadi 190.000.000 dosis, baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi.

4. Satu kapal penumpang terbakar di wilayah perairan Bombana

Kapal Motor Sumber Poleang yang sedang membawa 28 penumpang dan awak kapal terbakar saat melewati wilayah perairan Dusun Malandahi Pantai di Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin siang.

Koordinator Pelabuhan Kasipute di Bombana Fadli saat dihubungi dari Kota Kendari, Senin, mengatakan bahwa kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 13.00 WITA, saat kapal berlayar dari Pelabuhan Sikeli di Kecamatan Kabaena Barat menuju ke Pelabuhan Kasipute di ibu kota Kabupaten Bombana.

"Kejadiannya sekitar pukul 13.00 WITA. Alhamdulillah jumlah penumpang 22 orang, ABK enam orang selamat semua," katanya.

5. Vaksin Merah Putih diharapkan bisa digunakan mulai pertengahan 2022

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan bahwa vaksin Merah Putih, vaksin COVID-19 yang dikembangkan di dalam negeri, diharapkan bisa mulai digunakan pada pertengahan tahun 2022.

"Kita mengharapkan bahwa vaksin Merah Putih sudah bisa mulai diberikan di pertengahan tahun 2022 karena sekarang masih dalam berbagai proses," kata Amin saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © 2021