Jakarta () – Sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari update Omicron hingga pemerintah mempercepat vaksin penguat

1. Kemenkes: Terapkan prokes karena Omicron cenderung tidak bergejala

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengimbau masyarakat untuk tetap terus melakukan protokol kesehatan karena varian Omicron virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 menyebabkan penderita COVID-19 cenderung tidak bergejala.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Kemenkes catat 748 kasus Omicron hingga 15 Januari 2022

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada 748 kasus Omicron di Indonesia hingga 15 Januari 2022.

"Per tanggal 15 Januari 2022 dilaporkan sudah ada 748 kasus konfirmasi positif di mana sebagian besar dari kasus Omicron yang positif ini adalah merupakan pelaku perjalanan luar negeri sebanyak 569, dan transmisi lokal sebanyak 155," kata Nadia.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Menkes: DKI Jakarta jadi medan perang pertama hadapi Omicron

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan DKI Jakarta menjadi medan perang pertama untuk menghadapi peningkatan kasus COVID-19 varian Omicron.

"Sekitar 90 persen transmisi lokal (Omicron) terjadi di Jakarta, jadi kita harus persiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron dan kita harus pastikan kita menang menghadapi Omicron," kata Budi Gunadi.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Luhut: Puncak Omicron di Indonesia pertengahan Februari-awal Maret

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut puncak gelombang Omicron di Indonesia akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret mendatang.

Hal itu berdasarkan hasil pemantauan kasus COVID-19 di Afrika Selatan, di mana Omicron awalnya berkembang.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Kasus COVID-19 sentuh 1.000 kasus, pemerintah percepat vaksin penguat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk membendung terjadinya keparahan akibat penyebaran varian omicron, salah satunya dengan mempercepat vaksin penguat.

"Pemerintah akan melakukan akselerasi vaksin booster bagi seluruh masyarakat utamanya yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan penegakan protokol kesehatan yang dilakukan lebih masif untuk menahan laju penyebaran kasus," kata Luhut.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022