Jakarta () – Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Konsul Jenderal Australia dorong perempuan berperan dalam mitigasi perubahan iklim hingga pemetaan titik macet mudik di Jawa Barat.

Ada pula berita mengenai cakupan vaksinasi dosis kedua yang sudah menyentuh angka 160,93 juta serta setiap remaja khususnya perempuan dapat memberikan kontribusi kepada pencegahan stunting (kekerdilan).

Berikut ringkasan berita humaniora pada Kamis:

1. Tiga Konjen Australia dorong perempuan mitigasi perubahan iklim

Tiga Konsul Jenderal Australia di Indonesia mendorong perempuan berperan dalam mitigasi perubahan iklim.

"Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2022, tiga Konjen Australia di Indonesia yakni di Bali, Makassar dan Surabaya mengadakan webinar diskusi panel untuk mendorong peran perempuan dalam mitigasi perubahan iklim," kata Konsul-Jenderal Australia di Makassar.

2. Penerima dua dosis vaksin capai 160,93 juta jiwa penduduk Indonesia

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima suntikan dua dosis vaksin, hingga Kamis, pukul 12.00 WIB, mencapai 160,93 juta.

Data Satgas COVID-19 yang diterima di Jakarta Kamis, jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 per hari ini bertambah 194.526 menjadi 160.935.915 orang.

3. BKKBN: Remaja dapat berkontribusi cegah kekerdilan

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyatakan setiap remaja khususnya perempuan dapat memberikan kontribusi kepada pencegahan stunting (kekerdilan).

“Generasi muda menyiapkan dirinya untuk bisa sehat sebelum menikah itu sudah merupakan kontribusi luar biasa karena mereka juga menjadi bagian dari pelaku,” kata Hasto dalam keterangan tertulis BKKBN yang diterima di Jakarta, Kamis.

4. Presiden mengunjungi Candi Kedaton di KCBN Muaro Jambi

Presiden Joko Widodo mengunjungi Candi Kedaton di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Kamis siang.

Di kompleks candi tersebut, Presiden mencermati teknologi pembangunan candi pada masa lalu, yang tidak menggunakan semen sebagai perekat bata.

"Kalau kita melihat, begitu kita masuk, yang ada adalah tumpukan tumpukan bata yang sudah lebih dari 1.000 tahun, karena ini adalah (dari) abad ke-7," kata Presiden dalam sambutannya yang disiarkan secara virtual.

5. Titik kemacetan jalur mudik Lebaran 2022 di Jabar mulai dipetakan

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat memetakan beberapa titik kemacetan pada jalur mudik Lebaran 2022 yang ada di Jawa Barat berdasarkan hasil pemantauan jalur mudik yang dilakukan dari tanggal 4-5 April 2022.

Kepala Dishub Provinsi Jawa Barat A Koswara Hanafi, di Bandung, Kamis menjelaskan titik kemacetan jalur mudik di Jawa Barat di nya adalah Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jalan Cagak Nagrek, Kabupaten Bandung, Kawasan Malangbong, Kabupaten Garut dan dan Lingkar Gentong.*

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © 2022