Jakarta () – Sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari Museum Tsunami Aceh hingga kasus Omicron di Indonesia.

1. Ridwan Kamil ungkap pengalaman emosional merancang Museum Tsunami Aceh

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan pengalaman emosionalnya saat merancang bangunan Museum Tsunami Aceh di Kota Banda Aceh, yang didesain sebagai simbol pengingat peristiwa gempa bumi dan tsunami yang memporak-porandakan Tanah Rencong pada 2004, pusat edukasi, serta selter pada masa darurat bencana.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. 31 rumah terdampak longsor di selatan Garut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat menyampaikan bencana tanah longsor di Kecamatan Talegong dan Cisewu wilayah selatan Garut tidak menimbulkan korban jiwa hanya 31 rumah terdampak bencana itu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: 31 rumah terdampak longsor di selatan Garut

3. Pemerintah kirimkan tim penyembuh trauma pada korban gempa Selayar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengirimkan tim penyembuh trauma (trauma healing) pada korban gempa bumi Selayar yang terjadi pada Selasa (14/12) lalu.

"Pemulihan warga juga dibantu oleh tim relawan seperti dari MDMC, PMI, Baznas, Tagana, RAPI dan lintas unsur pentahelix lainnya," kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Pemerintah kirimkan tim penyembuh trauma pada korban gempa Selayar

4. Mensos ingatkan bank himbara percepat pencairan bansos akhir tahun

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta para operator bank himbara (himpunan bank negara) dan kepala daerah agar mempercepat pencairan dana bantuan sosial kepada penerima manfaat sebelum pergantian tahun 2021 ke 2022.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Mensos ingatkan bank himbara percepat pencairan bansos akhir tahun

5. Kemenkes: Kasus Omicron di Indonesia jadi 46 kasus pada Ahad ini

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menyebutkan jumlah kasus terkonfirmasi positif varian Omicron kini kembali bertambah menjadi 46 kasus di Indonesia sejak pertama kali ditemukan pada 16 Desember hingga Ahad, 26 Desember 2021.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Baca juga: Kemenkes: Kasus Omicron di Indonesia jadi 46 kasus pada Ahad ini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2021