Jakarta () – Sejumlah berita humaniora pada Selasa yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari gelaran Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesperawi) di Yogyakarta hingga Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar sejauh 1,8 kilometer.

Berikut rangkuman berita humaniora pada Selasa:

1. Wamenag: Pesparawi beri sumbangsih besar kerukunan antarumat beragama

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi menilai Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang digelar setiap tiga tahun sekali memberi sumbangsih besar bagi pengembangan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

"Dalam konteks masyarakat majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian memberikan sumbangsih besar dalam menunjukkan rasa cinta, nasionalisme, dan mengembangkan kerukunan hidup antarumat beragama di Indonesia," kata Zainut Tauhid saat membuka Pesparawi Nasional XIII di Candi Prambanan, Yogyakarta.

2. QR code berstandar WHO permudah perjalanan internasional

Kementerian Kesehatan RI menampilkan peragaan uji coba teknologi kode respons cepat (quick responce code/QR code) berstandar internasional untuk mempermudah administrasi perjalanan luar negeri yang mensyaratkan validasi vaksin.

"Ini adalah jawaban atas kesulitan masyarakat internasional, termasuk Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Karena kita tahu, sertifikat vaksin di setiap negara berbeda," kata Chief of Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji di Yogyakarta, Selasa.

3. BKKBN tingkatkan kualitas lini lapangan sambut Harganas 2022

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus meningkatkan kualitas lini lapangan untuk sambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022.

“Sebagai unsur utama penggerak keberhasilan Program Bangga Kencana, seluruh Penyuluh KB PNS maupun PLKB non-PNS tugasnya sangat mulia,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

4. BMKG: Kondisi udara Jakarta Senin (20/6) dalam kategori tidak sehat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan berdasarkan pantauan pada Senin (20/6), Nilai Ambang Batas (NAB) konsentrasi PM2.5 wilayah Jakarta dalam kategori tidak sehat.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa, Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko mengatakan pada beberapa hari terakhir PM2.5 mengalami lonjakan peningkatan konsentrasi dan tertinggi berada pada level 148 µg/m3 pada 15 Juni 2022.

PM2.5 dengan konsentrasi ini dapat dikategorikan dalam kategori kualitas udara tidak sehat.

5. Merapi luncurkan guguran lava pijar delapan kali sejauh 1,8 km

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran lava pijar delapan kali pada Selasa.

Guguran lava pijar itu meluncur dengan jarak maksimum sejauh 1.800 meter (1,8 km) ke arah barat daya mulai pukul 00.00 sampai 06.00 WIB.

Menurut Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso selama periode pengamatan itu Merapi juga mengalami 20 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-13 mm selama 42-124 detik. Pada Selasa pagi, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © 2022