Jakarta (/JACX) – Sebuah unggahan di Facebook menyita perhatian penggunanya karena menyebut terdapat orang yang hidup kembali meskipun telah meninggal 100 tahun.

Adalah akun Lin Na yang menunggah foto dua orang laki-laki menggandeng dua sosok yang disebut sebagai orang yang hidup kembali.

Unggahan yang muncul pada 7 Juli 2022 itu menyertakan sebuah tautan yang mengarahkan pada laman bernama "Kompas Terupdate".

Berikut narasi yang disematkan pada unggahan itu:
"Subhanallah, Dua Orang Ini Sudah 100 Tahun Meninggal, Tetapi Mereka Bisa Hidup Kembali”.

Benarkah dua orang tersebut adalah manusia yang kembali hidup setelah meninggal pada 100 tahun lalu?
 

Unggahan hoaks yang menyebut dua orang yang meninggal 100 tahun lalu hidup kembali. Faktanya, jenazah itu bukanlah orang yang hidup lagi, melainkan tradisi Ma'Nene di Tana Toraja, Sulawesi. (Facebook)

Penjelasan:
Berdasarkan pencarian gambar di Google, ditemukan foto serupa dengan unggahan di Facebook itu pada blog wisata bernama Jelajah Papua.

Artikel yang memuat foto serupa dengan unggahan itu berjudul "Wisata Horor di Toraja" dan diterbitkan pada 26 Agustus 2014.

Blog itu menjelaskan ritual Ma'nene di Tana Toraja, yaitu upacara tradisional masyarakat Toraja berupa membersihkan jenazah keluarga yang telah diawetkan.

Amos Sumbang, sang penulis artikel dalam blog itu, menyebut ritual Ma'nene dilakukan sebelum atau sesudah panen pada Agustus. Masyarakat Toraja mengeluarkan jenazah keluarga yang diawetkan dari kuburan, membersihkan, dan mendandani mereka dengan pakaian favorit untuk menghormati roh mereka.

Dengan demikian unggahan yang mengklaim dua orang yang kembali hidup setelah 100 tahun lalu meninggal adalah salah atau hoaks.

Klaim: Dua orang kembali hidup setelah 100 tahun lalu meninggal
Rating: Salah atau hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kemunculan UFO di Tanah Abang

Baca juga: Polres selidiki unsur kriminal pada kasus warga meninggal hidup lagi

Baca juga: Bayi "Hidup Kembali" Akhirnya Meninggal

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © 2022