Makassar () – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mendorong Pramuka Saka Bakti Husada menjadi agen perubahan, khususnya di bidang kesehatan, baik sebagai promotor kesehatan maupun gerakan masyarakat hidup sehat.

“Kita mendorong Saka Bakti Husada menjadi agen perubahan di bidang kesehatan, memberikan edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat, menghadirkan generasi yang unggul, serta menjadi pelopor kebangkitan ekonomi,” tutur Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Rabu.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwarda Pramuka Sulsel ini mengemukakan seorang pramuka memiliki kreativitas yang tinggi, memiliki kemandirian dan mental yang kuat.

“Pramuka sebagai cikal bakal patriot. Kita mengingatkan, bagaimana suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan sesuai Dasa Darma Pramuka,” ujar pria yang akrab disapa Gubernur Andalan ini.

Andi Sudirman mendorong tim edukator di setiap kecamatan untuk mengoptimalkan Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat. Ia juga  mendorong generasi muda menjadi SDM yang unggul.

“Investasi SDM menjadi investasi terbesar. Karena mereka adalah generasi masa depan,” katanya.

Gubernur Andi Sudirman juga menyempatkan diri berkemah bersama peserta Saka Bakti Husada 2022 di Bumi Perkemahan Moncong Sipolong, Kabupaten Gowa.

Baca juga: Bawa logistik, Pramuka Unhas kirim bantuan korban banjir Masamba

Baca juga: Saka Bakti Husada diminta sosialisasikan adaptasi kebiasaan baru

Dalam kegiatan Saka Bakti Husada 2022 dengan Pelopor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Sulsel melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Saya sangat senang berada di tengah siswa-siswi anggota Pramuka dari SMA/SMK Negeri serta Kwartir Pramuka se-Sulsel untuk melakukan kemah,” kata Andi Sudirman.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022