Geram Gubsu Edy Dana Desa Dipakai Kunker ke Bali

Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)

Jakarta

Dana Desa di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) digunakan untuk kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ke Bali. Hal ini membuat kesal Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Edy menilai penggunaan Dana Desa untuk kegiatan bimtek ke Bali tak produktif. Hal tersebut disampaikan Edy dalam sambutan di acara ‘Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang BUMDes dan Sosialisasi Permendes 18 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Baca juga: Gubsu: Mudah-mudahan 9 Desember Ada Walkot Baru, Kita Benahi Pasar Sentral

“Kami berusaha sedapat mungkin, kami lakukan, kami dibantu Bapak Kadin, Bapak Kepala BI, selalu melakukan evaluasi. Satu per satu kami tanyakan kepala desa dalam melakukan penganggaran dana desa ini. Kami masih banyak menemukan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif. Contoh masih cenderung bimtek dan bimtek. Ini yang kami selalu, kenapa harus bimtek? Belajar, belajar dan belajar, pembinaan, pembinaan dan pembinaannya lebih banyak ke Bali. Kalau nggak ke Bali, ke daerah-daerah yang sambil dikunjungi,” kata Edy di lokasi acara, Hotel Le Polonia, Medan, Rabu (4/11/2020).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri acara ini. Abdul Halim Iskandar diminta oleh Edy memberikan arahan agar Dana Desa bisa dipakai untuk kegiatan produktif.

Baca juga: Gubsu Edy Geram Dana Desa Banyak Dipakai Bimtek ke Bali

“Ini mungkin yang perlu kita sama-sama, kami mohon arahannya, mohon bantuannya, sehingga jelas apa yang harus bisa dilakukan khususnya tentang regulasi. Memang benar UU menyatakan bahwa gubernur itu perwakilan pusat di daerah. Tetapi ada UU lain yang mengatur tentang wewenang kabupaten dan kota dalam mengelola desa, kecamatan. Bapak Menteri, ini perlu masukan sehingga Sumut juga bisa eksis, lebih aktif, dan lebih produktif sampai ke tingkat desa,” ujar Edy.

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Seorang Kakek Kepergok Sedang Cabuli Remaja Pria

Rab Nov 4 , 2020
PALEMBANG – Seorang kakek berinisial YS (61) ditangkap polisi setelah kepergok mencabuli remaja pria berusia 15 tahun di kawasan Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang. Kasubag Humas Polrestabes Palembang, AKP Irene, membenarkan informasi tersebut. Menurutnya peristiwa itu terjadi pada Sabtu (31/10/2020) sekitar pukul 17.30 WIB. Petugas yang sedang patroli mendapati […]