Gempa Darat M 5,2 Guncang Mamuju Tengah Sulbar

Ilustrasi gempa

Mamuju Tengah

Gempa dengan magnitudo (M) 5,2 terjadi di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar). Titik gempa berada di darat.

Informasi gempa ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter-nya @infobmkg, Senin (14/9/2020). Pusat gempa berada di 28 Km barat laut Mamuju Tengah.

“Pusat gempa berada di darat 28 Km Barat Laut Mamuju Tengah,” tulis BMKG.

Baca juga: Gempa Darat M 2,2 Menggoyang Gunungkidul DIY

Gempa terjadi pada pukul 23.59 WIB dengan kedalaman 10 Km. Titik gempa berada di 2.03 lintang selatan dan 119.24 ujur timur.

Gempa dalam skal modified mercalli intensity (MMI) III-IV di Majene dan skala MMI IV-V di Mamuju. Skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, skala MMI IV berarti bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sedangkan skala MMI V berarti getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa dari gempa ini.

“Dirasakan (MMI) III-IV Majene, IV-V Mamuju,” ujar BMKG.

(rfs/rfs)

Next Post

Viral Banner Jalur Gowes Gadis Desa di Malang, Ini Penjelasan Dispar

Sen Sep 14 , 2020
MALANG – Sebuah banner jalur gowes gadis desa viral di media sosial. Tampak dalam banner tersebut seorang perempuan yang mengenakan kemben jawa dengan bagian punggung atas terlihat seolah sedang mandi di sungai. Berdasarkan penelusuran, banner jalur gowes dengan logo branding pariwisata Kabupaten Malang ini teridentifikasi di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. […]