Gelar Rapat Malam, Baleg DPR-Pemerintah Akan Putuskan Nasib RUU Ciptaker

Rapat RUU Cipta Kerja DPR-Pemerintah

Jakarta

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar rapat bersama pemerintah dan DPD RI terkait Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Dalam rapat akan membahas apakah RUU Cipta akan dibawa ke paripurna atau tidak.

Rapat bersama ini dipimpin langsung oleh Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas, di gedung DPR, Sabtu (3/10/2020). Rapat yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB tadi dihadiri langsung oleh seluruh fraksi DPR RI, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, serta perwakilan DPD RI.

“Panja telah menyelesaikan pembahasan terhadap materi atau daftar inventarisasi masalah RUU tentang Cipta Kerja, oleh sebab itu panja akan melaporkan hasil kerja panja dalam rapat kerja badan legislasi bersama pemerintah dan DPD RI pada rapat malam hari ini,” kata Supratman saat membuka rapat.

Baca juga: RUU Cipta Kerja Segera Rampung, Ini Harapan KSPN

Supratman mengatakan rapat malam ini telah melalui sejumlah rapat mulai dari rapat kerja komisi hingga rapat kerja panitia khusus bersama panitia kerja yang dibentuk pada 14 April 2020 lalu. Rapat ini nantinya akan menentukan apakah RUU Cipta Kerja dibawa atau tidak ke rapat paripurna.

“Sebagai tindak lanjut rapat baleg pada tanggal 14 April 2020 lalu, telah dibentuk panitia kerja yang diketuai Ketua Baleg Supratman, dan di atas yang bertugas untuk melakukan pembahasan terhadap RUU tentang Cipta Kerja bersama Pemerintah dan DPD RI, sesuai ketentuan Pasal 158 ayat 7 peraturan DPR RI nomor 1 tahun 2020 tentang tata tertib, panitia kerja bertanggungjawab dan melaporkan hasil kerjanya pada rapat kerja komisi, rapat kerja gabungan komisi, rapat kerja badan legislasi, rapat kerja badan anggaran, atau rapat kerja panitia khusus,” ucapnya.

Dalam rapat ini seluruh fraksi yakni PDIP, Golkar, NasDem, Demokrat, PKS, PKB dan PPP menyampaikan pendapat mini dan keputusan terkait RUU Cipta Kerja. Selain itu, DPD RI dan Pemerintah juga menyampaikan pendapat. Rapat ini pun digelar secara transparan dan online.

Baca juga: RUU Cipta Kerja Dinilai Lindungi Usaha Rakyat di Kawasan Hutan

Berikut agenda rapat yang awalnya direncanakan selesai hingga pukul 22.00 WIB.
1. pengantar ketua rapat
2. laporan ketua panja
3. pembacaan naskah RUU
4. pendapat mini fraksi-fraksi
5. pendapat mini DPD RI
6. pendapat mini pemerintah

(maa/zak)

Next Post

Bunuh Istri dan Anaknya, Suami : Saya Sayang Dia

Ming Okt 4 , 2020
PONTIANAK – Tak banyak yang dapat dilakukan Al, warga Rasau Jaya, Kubu Raya, Kalimantan Barat ini. Ia hanya bisa pasrah dan terus-terusan menangis. Ia adalah tersangka dalam kasus pembunuhan yang terhadap istrinya, SS (39) dan anak tirinya, GB (19), pada Senin 21 September 2020. “Kepada pihak keluarga istri saya, saya […]