masyarakat bebas menyampaikan keluhannya

Taliwang, KSB () – Kabupaten Sumbawa Barat berhasil menjadi juara pertama ajang World Innovation Spotlight Award Open Government Partnership (OGP) 2021 Korea melalui inovasi Forum Yasinan.

Forum Yasinan Kabupaten Sumbawa Barat menyisihkan inovasi dari negara negara di Asia Pasifik dan kini bergabung dengan juara dari Kolumbia, Nigeria dan Ukraina.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin MM, Jumat, menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan tersebut.

"Saya merasa sangat terhormat atas penghargaan spotlight award atas komitmen kami di forum yasinan. Saya sangat berterima kasih atas pengakuannya, karena saya juga sangat yakin bahwa setiap calon lain sama-sama memiliki kesempatan untuk memenangkan penghargaan ini," katanya.

Open Government Partnership adalah organisasi dunia yang anggota nya terdiri dari 78 negara dan 76 pemerintah daerah.

Baca juga: Sumbawa Barat ditetapkan kabupaten bebas BAB sembarangan

Bupati menerangkan forum yasinan merupakan akronim dari forum pelayanan setara inklusif andalan yang merupakan kanal resmi pengaduan masyarakat untuk menutup "feedback loop" masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

Pelaksanaannya dilatarbelakangi permasalahan tidak efektifnya model pengaduan sebelumnya seperti kotak saran, call center, aplikasi pengaduan dan lain-lain.

Karena semua itu hanya bersifat satu arah dan rendahnya partisipasi. Forum yasinan digelar seminggu sekali setiap malam Jumat dimana masyarakat menyampaikan keluhannya, disampaikan secara live streaming melalui radio langsung ditanggapi dan ditindaklanjuti.

Bupati juga menambahkan bahwa, Forum Yasinan dihadiri oleh pemangku kepentingan, tokoh masyarakat, Bupati beserta jajaran, instansi vertikal, Kapolres, Dandim, anggota DPRD, camat, lurah, agen gotong royong dan masyarakat sipil lainnya.

"Semua orang yang hadir di situ setara dengan duduk bersama rakyat, sehingga masyarakat bebas menyampaikan keluhannya," kata Bupati.

Bukan saja sebagai forum menyampaikan aspirasi, tetapi sebagai forum pemantau dan mengevaluasi proses pembangunan, sehingga pemerintah daerah lebih akuntabel dalam memberikan pelayanan publik.

Baca juga: Madu hutan "Mataiyang" Sumbawa Barat sasar pasar internasional

Baca juga: Unicef tinjau penerapan sanitasi berbasis masyarakat di Sumbawa Barat

Bupati menjelaskan, selain akuntabel forum ini juga telah mendorong keterbukaan, karena masyarakat dapat mendengar langsung laporan pembangunan di Kabupaten Sumbawa Barat, dan turut mengawal solusi yang hendak dilaksanakan.

Melalui mekanisme ini sejak 2015 telah membuktikan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan, mendorong terjadinya kerja-kerja kolaboratif di tengah masyarakat.

Dengan ke tiga hal tersebut Pemerintah Daerah telah dapat memenuhi hak-hak masyarakat secara tepat dan lebih baik.

Kemiskinan berkurang, indeks pembangunan manusia meningkat, penanganan bencana alam gempa bumi lebih cepat, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat berlangsung efektif tanpa konflik, dan lain-lain, termasuk pencapaian terkini yang sangat menggembirakan adalah kabupaten pertama yang tuntas lima pilar STBM.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terpilihnya Forum Yasinan sebagai The First Winner World Innovation Spotlight Award Open Government Partnership (OGP) 2021 Korea.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan dua prinsip "good governance" di forum OGP

Baca juga: KPK dorong LSM kawal "open government partnership" di Jember

Pewarta: Riza Fahriza*Feri Mukmin Pertama
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © 2021