Pangkalpinang () – Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Babel, pada Rabu, tanpa penambahan kasus positif COVID-19, sehingga pasien terpapar virus corona yang masih menjalani isolasi tersisa 17 orang.

"Hari ini hanya ada penambahan satu kasus COVID-19 di Kota Pangkalpinang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan enam kabupaten tanpa penambahan kasus COVID-19 yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur, sementara Kota Pangkalpinang ada penambahan satu kasus terpapar virus corona ini.

"Saat ini pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah satu dan pasien meninggal nihil," ujarnya.

Ia menyatakan jumlah pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani karantina sebanyak 17 orang tersebar di Belitung enam, Bangka Tengah empat, Pangkalpinang tiga, Bangka Barat dua, Bangka dan Bangka Selatan masing-masing satu orang, sementara Belitung Timur nihil pasien COVID-19.

"Pada awal tahun ini, kasus COVID-19 semakin melandai dan ini akan terus ditekan hingga nol kasus melalui imbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalankan prokes dan vaksinasi booster," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan meski PPKM sudah dicabut, namun diminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Tetap menjaga prokes, karena apapun itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat untuk selalu mewaspadai virus corona ini. Jangan sampai terjadi lagi lonjakan kasus tinggi, karena tidak menerapkan prokes ini," ujarnya.*

Baca juga: Enam dari tujuh kabupaten di Babel tanpa penambahan kasus COVID-19

Baca juga: Lima kabupaten di Babel tanpa penambahan COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © 2023