Jakarta () – Eduversal Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi matematika daring tingkat nasional atau Eduversal Mathematics Compettion (EMC) yang diselenggarakan pada 6 November 2021.

“Ini merupakan pelaksanaan EMC ketiga. EMC pertama kali diselenggarakan pada 2019, dengan sistem bauran dan menggabungkan daring dan luring yang diikuti 3.200 siswa dari seluruh Indonesia,” ujar Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, di Jakarta, Ahad.

Kompetisi itu diharapkan dapat menarik minat siswa untuk semangat berkompetisi sekaligus lebih membumikan peran Matematika dalam setiap aspek kehidupan. Tema EMC 2021 itu adalah Lets Have in Our Path.

“Sejatinya Matematika adalah bahasa universal yang digunakan oleh seluruh negara di dunia. Matematika menjadi jembatan bagi seluruh bidang keilmuan agar saling berkomunikasi satu sama lain.” kata Dwi.

Dwi menambahkan EMC 2021 diselenggarakan secara daring mengingat kondisi pandemi COVID-19. Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai tanggal 29 Oktober 2021. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan ujian EMC diselenggarakan dalam satu platform, yaitu https://kompetisi.net/ .

Setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain di tingkatan kelas yang sama, sehingga peserta junior tidak perlu takut menghadapi peserta senior. Tahun ini EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA.

Sementara itu, perwakilan dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, Ade Supriatna mengatakan pihaknya bersyukur EMC dapat mengakomodasi jumlah pendaftar yang begitu besar.

“Kami berupaya agar siswa dapat terus berkarya dari rumah dan pantang menyerah dalam kondisi pandemi saat ini. Sehingga, peran orang tua sangat penting sebagai pendamping anak-anak untuk belajar daring,” kata Ade.

Ade menambahkan Kemendikbudristek akan menyiapkan mekanisme kolaborasi agar lomba di luar Puspresnas, juga mendapatkan pengakuan pemerintah dari jalur prestasi. Sehingga para juara dan talenta muda termasuk EMC untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan agar perkembangan mereka terus terpantau.

Koordinator Program EMC 2021, Ridwan Sumitro mengatakan EMC 2021 merebutkan hadiah hingga ratusan juta rupiah. Dalam setiap tingkatan kelas akan dipilih 10 pemenang.

Baca juga: Kompetisi matematika daring internasional kembali digelar

Baca juga: Eduversal gelar kompetisi matematika daring tingkat internasional

Hadiah peringkat pertama, mendapatkan medali emas dan uang tunai Rp4.000.000, peringkat dua mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp2.000.000, peringkat tiga mendapatkan medali perunggu dan uang tunai Rp1.000.000, peringkat empat mendapatkan uang tunai Rp500.000, dan perangkat lima hingga 10 masing-masing mendapatkan uang tunai Rp250.000.

Ridwan mengatakan peserta lomba tidak perlu pusing kalau lawannya akan berlaku curang, karena secara teknis sangat sulit untuk berbuat curang, sebab kamera peserta harus aktif, soal yang diacak, tidak dapat kembali ke soal berikutnya, lama pengerjaan yang dapat dimonitor, serta soal yang menantang atau bertipe HOTS.

Ridwan menambahkan selain kegiatan kompetisi, EMC 2021 juga diiring dengan webinar untuk guru dan orang tua, webinar untuk siswa, tryout matematika untuk umum, serta kegiatan Math Day yang berisi lomba-lomba ringan terkait matematika yang seru dan menyenangkan.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2021