Din Syamsuddin Kenang Perjalanan Abdul Malik Fadjar di PP Muhammadiyah

Tokoh cendekiawan muslim, Abdul Malik Fadjar, meninggal dunia (dok. muhammadiyah.id)

Jakarta

Mantan Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong Abdul Malik Fadjar meninggal dunia. Eks Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengenang almarhum sebagai sosok yang akrab dan salah tokoh terbaik Muhammadiyah.

“Almarhum adalah pribadi akrab, Almarhum adalah salah seorang kader/tokoh terbaik Muhammadiyah sehingga dapat ‘mewakili Muhammadiyah’.” kata Din dalam keterangannya, Senin (7/9/2020).

Baca juga: Duka Mahfud Md-Muhadjir Effendy atas Wafatnya Abdul Malik Fadjar

Din mengatakan semasa hidupnya, almarhum merupakan sosok Muhammadiyah yang sangat aktif. Almarhum Abdul Malik Fadjar juga selalu menyampaikan pemikiran yang mewarnai langkah Muhammadiyah selama ini.

“Almarhum adalah pejuang Muhammadiyah. Sebagian besar hidupnya diabdikan dalam Persyarikatan Muhammadiyah, mulai dari bawah hingga menjadi salah seorang Ketua PP Muhammadiyah. Selama di PP Muhammadiyah, almarhum sangat aktif. Pikiran-pikirannya banyak mewarnai langkah-langkah Muhammadiyah, khususnya dalam Bidang Pendidikan,” ucapnya.

Din pun menyebut wafatnya almarhum merupakan kehilangan besar bagi Muhammadiyah dan rakyat Indonesia. “Kepergiannya ke hadirat Sang Pencipta adalah kehilangan besar bagi Muhammadiyah, dan tentu bagi umat Islam dan Bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga: Abdul Malik Fadjar, Menteri Pendidikan Kabinet Gotong Royong Wafat

Seperti diketahui, tokoh cendekiawan muslim, Abdul Malik Fadjar, meninggal dunia. Abdul Malik Fadjar adalah Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) di era Kabinet Gotong Royong.

Abdul Malik Fadjar juga dikenal sebagai tokoh salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah. Dia pernah menjabat Ketua PP Muhammadiyah pada periode 2005-2009.

(maa/idn)

Next Post

Komplotan Bandit Bersenpi Hampir Tewas Diamuk Warga

Sel Sep 8 , 2020
BEKASI – Dua dari tiga pelaku pencurian sepeda motor di wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi hampir tewas diamuk warga di Gang Mahmud, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Peristiwa itu bermula ketika pemilik motor atas nama Tubagus Ahmad Mulyana mendapatkan laporan dari anaknya bahwa motornya telah dicuri di Ruko […]