Mekkah () – Delegasi Amirul Hajj bertolak ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Kamis pukul 17.35 WIB menuju Jeddah.

Naib Amirul Hajj sekaligus Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, misi Amirul Hajj Indonesia selama di Arab Saudi untuk membantu pemerintah memastikan penyelenggaraan ibadah haji 1443H dengan baik.

"Utamanya ada dua hal, pertama berkaitan dengan aspek ibadah dan aspek pelayanan teknisnya," katanya dikutip Media Center Haji di Mekkah, Kamis.

Delegasi juga akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait masalah teknis penyelenggaraan ibadah haji di nya transportasi, akomodasi, katering dan hal teknis lainnya.

"Mudah-mudahan semua itu bisa berjalan dengan lancar dan aman serta jamaah haji Indonesia mendapatkan haji yang mabrur termasuk dukungan kepada petugas dalam melayani jamaah haji," tambah dia.

Mereka juga terus mengingatkan dan mengimbau jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan terlebih karena kondisi cuaca di Arab Saudi di atas 40 derajat celsius.

"Jemaah harus selalu menjaga kesehatan jangan sampai ada jamaah yang dehidrasi saat menjalani ibadah haji," tambah Wamen.

Delegasi Amirul Hajj di nya Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama dan Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah sebagai Naib Amirul Hajj.

Kemudian Arif Fachruddin dari MUI, Aay Muhammad Furkon, Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah, Faisol Nasar dari Al Irsyad, Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung sebagai anggota.

Serta Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK dan Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan sebagai anggota.

Baca juga: Amirul Hajj tetapkan 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas haji

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © 2022