Dapat Sanksi Usai Bawa Penumpang Positif Corona, Ini Respons Citilink

ilustrasi maskapai citilink

Jakarta

Dinas Perhubungan Kalimantan Barat (Kalbar) memberi sanksi kepada anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Citilink Indonesia karena kembali kedapatan membawa penumpang positif virus Corona (COVID-19). Sanksi tersebut adalah larangan terbang selama 10 hari di rute penerbangan Cengkareng ke Pontianak.

“Citilink diminta melakukan penghentian sementara penerbangan dari Jakarta dan ke Pontianak oleh pemerintah daerah setempat terhitung sejak tanggal 19 September 2020, berkaitan dengan hal tersebut, Citilink akan mempertimbangkan kembali rute penerbangan CGK – PNK maupun rute PNK – CGK,” kata Direktur Utama Citilink Juliandra melalui keterangan resmi yang diterima com, Minggu (20/9/2020).

Sejauh ini, Juliandra mengatakan pihaknya sedang melakukan koordinasi lebih lanjut bersama pemerintah setempat. Terkait insiden ini, ia pun menegaskan maskapainya selalu memastikan kelengkapan dokumen penumpang sebelum melakukan penerbangan.

Baca juga: Angkut Penumpang Positif Corona, Citilink Dilarang Terbang ke Kalbar

“Saat ini kami masih melakukan koordinasi lebih lanjut kepada pihak terkait perihal masalah tersebut. Namun perlu kami informasikan, bahwa Citilink selalu melakukan kewajiban dan tanggung jawab untuk memastikan seluruh penumpang telah memenuhi syarat dokumen perjalanan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,” ungkapnya.

Juliandra memastikan penumpang yang terdampak dalam penerbangan ini dapat memilih dua opsi. Pertama, penerbangan bisa dialihkan ke maskapai Garuda Indonesia di rute yang sama. Kedua, pengembalian tiket pesawat.

“Bagi penumpang yang penerbangannya terdampak, Citilink memberikan opsi pengalihan penerbangan dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia rute dari Jakarta dan ke Pontianak atau dengan menggunakan opsi refund. Adapun penumpang yang melakukan pembelian melalui travel agent, dapat menghubungi travel agent terkait untuk teknisnya,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Corona di Kalbar Tambah 22, 5 Pasien Baru dari Klaster Rumah Sakit

“Sedangkan untuk pembelian melalui website kami dapat menghubungi call center kami di 08041080808 untuk pengalihan ke Garuda Indonesia atau untuk pengajuan refund dapat menghubungi email refund@citilink.co.id,” sambungnya.

(isa/isa)

Next Post

Terpeleset saat Kapalnya Bersandar di Darmaga, ABK Tewas Tenggelam

الأثنين سبتمبر 21 , 2020
PONTIANAK – M. Vijay, pemuda 23 tahun yang terpeleset ke Sungai Kapuas, Kota Pontianak, dan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Awak Buah Kapal (ABK) ini terjatuh saat kapal ikan tempatnya bekerja sedang bersandar di Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pontianak. “Alhamdulillah setelah melakukan pencarian di hari kedua ini tim SAR […]