Ciri khas membawakan lagu daerah ini pun juga akan ditampilkan grup yang beranggotakan Nanin, Lala, dan Nana bersama KoPi Jazz

Kediri () – Grup Cendana Singer memeriahkan kegiatan Jazz Brantas 2021 di Kota Kediri, Jawa Timur, dengan membawakan lagu daerah bernuasa Jazz, sehingga menjadi lebih menarik.

"Kami perform membawakan lagu Selayang Pandang yang kita aransemen dengan sentuhan jazz, dan ternyata para penonton yang hadir baik domestik sampai manca suka dan kagum," kata Leader Cendana Singer Siti Isnaniah di Kediri, Sabtu.

Pihaknya memang konsisten mengusung genre Jazz Standard sejak dahulu. Ia dengan rekan-rekannya bangga bisa bergabung dalam kegiatan Jazz Brantas ini.

Pada tahun 2019 grup yang mengusung genre Jazz Standard ini berkesempatan "manggung" bersama musisi internasional di Ubud Village Jazz Festival.

Pencapaian tersebut, kata Nanin, sapaan akrabnya juga tak lepas dari dukungan sang suami, Eko Sumarsono yang lebih dahulu menggeluti musik Jazz.

Ciri khas membawakan lagu daerah ini pun juga akan ditampilkan grup yang beranggotakan Nanin, Lala, dan Nana bersama KoPi Jazz pada pagelaran musik "Jazz Brantas 2021" yang diadakan Pemkot Kediri tersebut.

Nanin mengatakan grup ini dibentuk tahun 2017. Dirinya memiliki kegiatan rutin "Klinik Kopi Jazz" di rumahnya, Jalan Cendana Kota Kediri. Seiring berjalannya waktu, ia akhirnya tertarik untuk membuat grup vokal dan mengaransemen lagu-lagu jazz.

"Terinspirasi dari Elfa Singer dan kesamaan hobi saya, Nana, dan Lala juga," ujar Nanin.

Dengan latar kesibukan yang berbeda, menjadikan komitmen sebagai fondasi Cendana Singer untuk tetap konsisten berkarya hingga saat ini.

"Ya, kami berkomitmen untuk meluangkan waktu berlatih bersama. Karena kan saya guru vokal, dan Nana Lala ini berprofesi sebagai Make Up Artist yang sewaktu-waktu akan sibuk juga," tambah Nanin.

Nanin yang juga sebagai leader Cendana Singer mengaku senang dengan adanya event musik tahunan yang dibesut Pemerintah Kota Kediri ini.

"Kami sangat senang sekali dan berterima kasih pada Pemkot Kediri terutama Mas Abu yang mensupport dan memberi kesempatan kami komunitas jazz ini tampil. Kami harap event seperti ini akan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya," ujar Nanin.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan ia terus mendukung kreativitas musisi Kota Kediri untuk menyuguhkan sentuhan baru dalam bermusik.

Selain itu, Mas Abu, sapaan akrabnya juga berharap Jazz Brantas dapat menjadi sarana hiburan masyarakat yang menjadi daya tarik wisata.

"Para musisi di Kota Kediri cukup hebat dan bertalenta. Saya harap dengan adanya wadah Jazz Brantas ini, nantinya regenerasi musisi Jazz di Kota Kediri semakin bertambah. Selain itu, Jazz Brantas dapat menjadi daya tarik wisatawan luar Kota Kediri untuk berkunjung ke kota ini," ujar Mas Abu.

Kegiatan ini digelar secara virtual dan hanya dihadiri beberapa tamu undangan saja. Acara berlangsung dengan lancar dan animo masyarakat yang menonton lewat virtual pun bagus. Mereka mengapresiasi kegiatan ini.

Kegiatan Jazz Brantas ini digelar di Taman Brantas, Kota Kediri. Ada beberapa musisi yang tampil di Jazz Brantas 2021 tersebut.

Musisi muda Indonesia Ardhito Pramono mengisi gelaran Jazz Brantas. Ada pula bintang jazz internasional, seperti Kuba Skowronski, Mike Delfero, Alexsender, Olaf Keus, Nita Artsen, Cicilia, dan Michael Ananda. Selain itu seniman Kota Kediri juga akan tampil di Jazz Brantas. (*)
Baca juga: Jazz Gunung Bromo 2021 digelar 25 September dengan prokes ketat
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © 2021