Belitung () –

Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh memastikan perayaan Natal 2022 yang dilaksanakan umat Nasrani di daerah itu berjalan lancar dan kondusif.

"Kami pastikan pelaksanaan perayaan Natal berjalan aman, damai, tenteram, dan kondusif," katanya di Tanjung Pandan, Minggu

Bupati menyampaikan hal itu usai meninjau pelaksanaan ibadah Misa Natal bersama jajaran forkopimda Belitung yakni Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana Zeviansyah, Dandim 0414 Belitung Letkol (Inf) Hairil Achmad, dan Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol (Nav) Rudy Hartono di sejumlah gereja pada Sabtu (24/12) malam.

Bupati bersyukur pelaksanaan ibadah Misa Natal di daerah itu dan sampai hari ini berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan dan ketertiban serta ancaman lainnya.

"Termasuk tidak adanya gejolak ataupun ancaman sosial ekonomi. Kami berharap sampai perayaan Tahun Baru tetap kondusif seperti ini," ujarnya.

Ia mengatakan, hal ini tidak terlepas dari pengamanan yang telah dilakukan baik berasal dari unsur TNI/Polri maupun organisasi kemasyarakatan yang telah berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban malam Natal di daerah itu.

Baca juga: Forkopimda Jember pantau gereja pastikan perayaan Natal 2022 aman

"Semua ini tidak terlepas dari pantauan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Satpol PP yang secara berkesinambungan melaporkan perkembangan situasi menjelang perayaan Natal," katanya.

Sahani menambahkan, pelaksanaan ibadah Misa Natal 2022 lebih ramai jika dibandingkan tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19.

Dia mengapresiasi para jemaat dalam pelaksanaan kegiatan ibadah tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan protokol kesehatan lainnya.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI cek pelaksanaan Natal di Katedral Jakarta

"Meskipun hujan namun lebih ramai dan prokes tetap dijalankan dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © 2022