Bunuh Diri Tidak Sesungguhnya Meningkat di Musim Dingin

(SeaPRwire) –   Ada pemikiran yang lama beredar di media bahwa tingkat bunuh diri memuncak pada bulan musim dingin, ketika hari menjadi gelap lebih awal, tingkat stres tampaknya meningkat, dan yang disebut “holiday blues” mulai terjadi. Sentimen ini begitu meluas sehingga 40% cerita yang diterbitkan oleh organisasi berita tentang bunuh diri selama musim liburan 2022-2023.

Hanya ada satu masalah dengan cerita-cerita ini: tidak ada tren musiman seperti itu yang ada dalam data bunuh diri aktual. Bahkan, bulan Desember sering menyaksikan penurunan jumlah bunuh diri di seluruh dunia.

Dan Romer, direktur penelitian di Pusat Kebijakan Publik Annenberg di Universitas Pennsylvania, telah menghabiskan dekade mengejar asal-usul mitos ini dan bekerja untuk memperbaikinya. Dalam sebuah artikel yang dirilis pada 4 Desember, ia berbagi hasil survei data global yang menunjukkan luasnya mitos dan bukti baru bahwa liburan musim dingin tidak ada kaitannya dengan bunuh diri.

Dalam survei awal tahun ini, Romer menanyakan lebih dari 1.500 orang dewasa Amerika tentang kapan mereka berpikir bunuh diri umumnya terjadi: April, Juni, Agustus, Oktober, atau Desember. 81% memilih Desember, meskipun faktanya lebih banyak bunuh diri terjadi selama empat bulan lainnya selama 20 tahun terakhir.

Sulit untuk mengetahui apakah peringatan media tentang lonjakan bunuh diri musim dingin benar-benar mempengaruhi persepsi masyarakat yang salah tentang kaitan ini, atau sebaliknya. Tetapi Romer menunjuk beberapa unsur budaya jelas yang menurutnya mungkin telah membantu menciptakan keyakinan ini. Yang pertama adalah popularitas film Natal yang memotivasi penonton untuk “membayangkan bagaimana dunia akan terlihat jika Anda tidak ada di sini,” kata Romer – seperti It’s a Wonderful Life dan A Christmas Carol – yang mungkin membuat orang percaya itu adalah latihan berpikir yang sangat dibutuhkan bagi beberapa orang pada saat itu tahun.

Sebenarnya, musim liburan tidak ada kaitannya dengan peningkatan tingkat bunuh diri – dan bahkan mungkin memainkan peran protektif. “Musim dingin, bertentangan dengan apa yang orang pikirkan, bukanlah waktu ketika orang cenderung ingin mengakhiri hidup mereka,” kata Romer. “Di Australia, di mana musim panas mereka adalah musim dingin kita, mereka sebenarnya mengalami puncak bunuh diri saat ini.” Lebih lanjut, bulan Desember tetap menjadi bulan rendah untuk bunuh diri bahkan di negara-negara di mana itu adalah bulan yang lebih hangat, yang menunjukkan efek Natal yang berlawanan dengan yang diasumsikan, katanya.

Memperpanjang mitos lonjakan bunuh diri liburan dapat memiliki akibat kesehatan masyarakat. “Rekomendasi untuk pelaporan bunuh diri menekankan bahwa seseorang tidak seharusnya menekankan bahwa setiap waktu tahun lebih populer,” katanya. “Tidak ada manfaat bagi masyarakat untuk mendengar bahwa itu adalah ‘epidemi’ atau ‘periode puncak’.” Hal itu bahkan dapat merugikan; pesan tentang “epidemi” atau “periode puncak” dapat berpotensi menghilangkan penghalang bagi seseorang yang sudah mempertimbangkan untuk mengakhiri hidupnya, katanya.

Apa yang membantu adalah berbagi informasi berdasarkan bukti dan sumber daya, seperti National Suicide Prevention Lifeline untuk mereka yang mengalami krisis kesehatan mental.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mungkin mengalami krisis kesehatan mental atau mempertimbangkan bunuh diri, hubungi atau kirim teks 988. Dalam keadaan darurat, hubungi 911, atau cari perawatan dari rumah sakit lokal atau penyedia perawatan kesehatan mental.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Komisi Perdagangan Federal Menyelidiki Penggabungan Exxon Senilai $60M dengan Perusahaan Minyak Texas

Rab Des 6 , 2023
(SeaPRwire) –   Regulator federal (WASHINGTON) — sedang menyelidiki rencana penggabungan ExxonMobil senilai $60 miliar untuk mengakuisisi perusahaan minyak Texas dalam apa yang akan menjadi kombinasi terbesar dalam industri energi selama dua dekade, menurut pengungkapan sekuritas. Komisi Perdagangan Federal AS, yang menjalankan undang-undang antitrust federal, telah meminta informasi tambahan dari […]