sampai sekarang juga belum surut

Cirebon () – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Ciberes setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

"Kita melakukan evakuasi warga, terutama lanjut usia, balita, dan anak-anak yang menjadi korban banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan di Cirebon, Sabtu.

Alex mengatakan banjir yang menerjang tiga desa di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi, sehingga mengakibatkan Sungai Ciberes meluap.

Akibat banjir tersebut lanjut Alex, terdapat ratusan rumah terendam banjir, dan membuat 3.783 warga terdampak, dari jumlah tersebut hanya 62 jiwa yang dilakukan evakuasi dan diungsikan ke tempat lebih aman.

Baca juga: BPBD Tangerang terjunkan perahu untuk bantu korban banjir

Sedangkan warga lainnya kata Alex ada yang masih bertahan di rumah masing-masing, dan juga mengungsi di rumah kerabat terdekat.

"Kita juga siapkan makanan siap saji bagi warga yang terdampak banjir," tuturnya.

Alex menambahkan air mulai masuk ke pemukiman warga pada Jumat (21/1) malam, dan sampai Sabtu (22/1) dini hari air masih menggenangi rumah warga.

"Air mulai masuk ke rumah warga pada Jumat (21/1) sekitar jam 19.00 WIB, dan sampai sekarang juga belum surut," katanya.

Baca juga: Kelurahan Cipinang Melayu siagakan sarana untuk hadapi banjir

Baca juga: BPBD Bekasi siaga di titik rawan banjir
Baca juga: Pemkot Pekalongan evakuasi warga terdampak banjir

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © 2022