BP2MI Selamatkan 18 Calon ABK yang Diusir Perusahaan di Jakarta Utara

Kepala BP2MI Benny Rhamdani

Jakarta

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyelamatkan 18 calon anak buah kapal (ABK) yang diusir dari tempat penampungan perusahaan di Jakarta Utara, Rabu malam. Mereka tidak mendapatkan kepastian kapan akan diberangkatkan ke luar negeri.

“Kami mendapatkan kabar bahwa ada pengusiran yang dilakukan oleh perusahaan PT Abadi Mandiri Internasional,” kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani di Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara seperti dilansir Antara, Kamis (27/8/2020).

Para calon ABK itu diusir sejak Rabu sore dan dikeluarkan dari tempat penampungan mereka di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Benny menyebut lama calon ABK tersebut terluntang-lantung bervariasi.

“Lamanya bervariasi dari tujuh bulan hingga setahun,” ujar Benny.

Baca juga: Satu dari Dua Korban Hilang dalam Perahu Terbalik di Sumenep Ditemukan

Benny mengatakan para calon ABK yang diusir perusahaan sempat bertemu manajemen sebelum diusir dari tempat penampungan di Jakarta Utara. Namun usai pertemuan para calon ABK tidak mendapat kepastian keberangkatan.

“Karena tidak mendapatkan kepastian, Senin (24/8) mereka berinisiatif datang ke kantor perusahaan di Sunter,” kata dia dia.

Berdasarkan keterangan para calon ABK itu, kata dia, pihak perusahaan tidak memberikan jawaban dan kepastian pemberangkatan hingga pengancaman oleh perusahaan.

“Jika mau lanjut mengikuti aturan perusahaan, silakan bertahan. Kalo tidak, silakan keluar,” kata Benny mengutip keterangan para calon ABK tersebut.

Baca juga: Kemlu Cek Video Viral Pengakuan 4 ABK WNI Disiksa di Kapal Liao Yuan Yu 103

Usai pertemuan, para calon ABK itu malah diusir tanpa penjelasan dari tempat penampungan mereka di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Benny menyebut calon ABK itu akan ditampung sementara waktu di Ciracas, Jakarta Timur.

“Kami selamatkan mereka atas nama negara ke Ciracas, tempat penampungan milik kantor BP2MI. Kami amankan atas nama negara dan proses hukum kita akan tetap jalan,” tegas Benny.

Baca juga: Terungkapnya Penelantaran 15 ABK di Rumah Mewah Garut

(lir/lir)

Next Post

Terima Kunjungan Diplomat Negara Sahabat, KBRI Pyongyang Promosi Wisata RI

Kam Agu 27 , 2020
Jakarta – KBRI Pyongyang menerima kunjungan lima orang diplomat dari Bulgaria, Polandia dan Romania. Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara), Berlian Napitupulu, mempromosikan daya tarik alam, budaya dan pariwisata Indonesia dari Sumatra hingga Papua. “Teman-teman terhormat, selamat datang di galeri mini Indonesia di Kedutaan Besar Indonesia […]