BNPT-PUPR Resmikan Dua Rusun Pondok Pesantren di Poso Sulteng

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar

Jakarta

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar meresmikan dua rumah susun (rusun) pondok pesantren yang terletak di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Peresmian dilakukan bersama jajaran Kementerian Perumahan dan Pekerjaan Umum (PUPR).

Peresmian digelar pada Jumat (14/8). Hadir dalam peresmian Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi Direktur Rumah Susun PUPR, Bupati Poso Kolonel Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, dan pembina Pondok Pesantren Islam Amanah Putra KH Muhammad Adnan Arsal.

Baca juga: Kepala BNPT ke Poso, Cek Kondisi Eks Napiter yang Kini Jadi Peternak

Kedua rusun tersebut adalah rumah susun di Pondok Pesantren Amanah Putra dan madrasah di Pondok Pesantren Wali Songo, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Peresmian ini merupakan bagian dari pada realisasi program Sinergisitas Penanggulangan Terorisme antara BNPT, 38 kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah dalam hal ini Kementerian PUPR.

“BNPT mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dirjen yang mewakili Bapak Menteri dan hari ini bersama-sama kita menyaksikan bagaimana gedung ini (rusun Pesantren Amanah Putra) telah siap digunakan,” kata Boy melalui keterangan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Boy kemudian meminta agar pesantren tetap dijaga dan dirawat dengan baik. Dia berharap fasilitas yang terdapat di Pesantren Amanah Putra dapat menunjang proses belajar mengajar para santri dan guru-guru di sana.

“Demikian juga kita menitipkan kepada Bapak KH Adnan sebagai Ketua Yayasan dan pembina di pondok pesantren ini, kita titip agar dapat dirawat dengan baik dan juga dimanfaatkan sepenuhnya untuk menunjang proses belajar-mengajar yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Amanah Putra ini,” pintanya.

Baca juga: Rakor di Sulteng, Kepala BNPT: Selamatkan Generasi Muda dari Paham Radikal

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid merasa senang dan bangga karena PUPR ikut dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan rusun pondok pesantren. Dia mengatakan akan mendukung apa pun yang dilakukan BNPT selaku tim sinergisitas untuk kesejahteraan masyarakat Poso.

“Kementerian PUPR sangat bangga dan senang dilibatkan dalam tim Sinergisitas BNPT dan akan support terus, termasuk untuk masyarakat Poso,” kata Khalawi.

Peresmian rumah susun ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala BNPT dan Pembina Pondok Pesantren Islam Amanah Putra, dilanjutkan pengguntingan pita oleh Dirjen Perumahan PUPR didampingi Kepala BNPT dan Bupati Poso.

(eva/eva)

Next Post

Gubernur: Perdamaian kunci penting sukseskan pembangunan Aceh

Sab Agu 15 , 2020
Aceh Besar – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyatakan perdamaian menjadi kunci penting untuk menyukseskan pembangunan Aceh. "Saya yakin, sebagai masyarakat Aceh kita telah banyak mengambil pelajaran dan pengalaman dalam perjalanan sejarah Aceh, karenanya, sangatlah patut jika masa lalu itu menjadi cermin untuk membangun Aceh yang lebih baik," kata Nova […]