Jakarta () – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan berawan pada Senin siang.

Wilayah yang diperkirakan berawan yakni Serang, Yogyakarta, Bandung, Samarinda, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Kupang, Manokwari, dan Makassar.

Wilayah yang diperkirakan cerah berawan yakni Denpasar, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Tarakan, Bandar Lampung, Jayapura, dan Medan. Wilayah yang diperkirakan cerah yakni Bengkulu, dan Surabaya.

Wilayah yang diperkirakan hujan ringan yakni Banda Aceh, Palangkaraya, Ambon, Kendari, Manado, dan Palembang. Sedangkan yang diperkirakan akan mengalami hujan petir yakni Padang, Pekanbaru, Banjarmasin, dan Jambi. Wilayah yang diperkirakan hujan sedang yakni Tanjung Pinang.

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi yang diperkirakan akan terjadi pada 15 hingga 20 Agustus 2021.

Provinsi yang diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.*

Baca juga: Selasa, BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan

Baca juga: Cuaca kota-kota besar di Indonesia diprakirakan cerah berawan

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © 2021