Jakarta () – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di wilayah sejumlah provinsi Indonesia termasuk beberapa kota besar yang dapat mengalami hujan disertai petir pada hari ini.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG dikutip dari Jakarta, Minggu, hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Jawa Barat.

Provinsi lain yang wilayah berpotensi mengalami hujan lebat adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih rendah dapat turun di Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah.

Baca juga: 30 kawasan di Samarinda banjir akibat hujan petir

Sementara itu, BMKG juga memperingatkan potensi angin kencang di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Beberapa kota besar diprakirakan mengalami hujan disertai petir termasuk Pontianak di Kalimantan Barat dan Banjarmasin di Kalimantan Selatan pada siang hari ini. Kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu dan Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung juga diprakirakan mengalami hujan petir pada dini hari.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari ini. Sementara hujan ringan dapat turun di Jakarta Barat dan Pusat pada malam hari.

BMKG memperingatkan dua provinsi masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah.

Kategori waspada pada hari ini diberikan kepada Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Baca juga: Sejumlah jalan di Rangkasbitung tergenang banjir setelah hujan lebat

Baca juga: BMKG perkirakan cuaca di DKI cerah berawan pada Minggu pagi
Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga empat meter

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © 2022