Program lumbung sosial sangat baik

Biak () – Kabupaten Biak Numfor, Papua disiapkan menjadi lumbung pangan sosial di kawasan wilayah adat Teluk Saereri untuk penyimpanan bahan makanan yang dibutuhkan masyarakat saat terjadi bencana di wilayah itu.

"Jika Biak dimasukkan sebagai daerah lumbung sosial kami Pemkab Biak Numfor akan mendukung program Kementerian Sosial," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap menjawab di Biak, Senin.

Ia mengakui, letak geografis Kabupaten Biak Numfor sangat strategis di tengah kawasan Saereri meliputi Kabupaten Supiori, Nabire, Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan hingga Kabupaten Manokwari , Papua Barat.

Bupati Herry mengatakan, keberadaan lumbung sosial di daerah rawan bencana sangat penting untuk menjaga ketersediaan bahan makanan, terutama saat bencana terjadi.

Ia berharap, dengan adanya lumbung sosial di kawasan tertentu bukti adanya negara hadir untuk membantu dan melayani masyarakat yang terkena musibah bencana alam.

"Bagi Pemkab Biak Numfor program lumbung sosial sangat baik untuk menjaga kebutuhan pangan masyarakat jika terjadi sesuatu bencana alam," katanya.

Pada tahun 2022 Kementerian Sosial menggencarkan pembentukan kabupaten/kota sebagai lumbung sosial untuk menjaga kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi saat terjadi bencana alam di wilayah tertentu.

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022