Jakarta () – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjalin kerja sama dengan salah satu mitra aplikasi Muslim bernama KESAN guna mempermudah warga Indonesia menunaikan zakat melalui aplikasi berbasis digital.

"Hal ini memberikan kemudahan layanan pembayaran zakat merupakan upaya yang terus dikembangkan oleh BAZNAS untuk lebih dekat dengan para muzaki ataupun calon muzaki baru, salah satunya melalui aplikasi KESAN ini," kata Ketua BAZNAS RI Noor Achmad dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Peluncuran aplikasi digital tersebut, dilakukan di Kantor BAZNAS RI Jakarta pada Senin (26/12). Noor menuturkan bahwa kerja sama yang terjalin akan dijalankan melalui fitur layanan zakat yang terdapat di menu U-Maal dalam aplikasi KESAN.

Layanan yang dibangun dalam aplikasi adalah salah satu upaya BAZNAS dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, guna memberikan kemudahan-kemudahan dalam beraktivitas, termasuk dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Noor menyatakan dana yang disalurkan umat dapat dipastikan disalurkan secara tepat sasaran, sampai di tangan mereka yang benar-benar membutuhkan dan berharap potensi zakat di Indonesia akan meningkat.

"Kami pastikan dana zakat yang disalurkan akan tepat sasaran kepada masyarakat yang terdampak yang memerlukan bantuan, agar mereka bisa terbantu dan diringankan bebannya. BAZNAS memiliki berbagai program yang memang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Noor.

CEO Aplikasi KESAN Hamdan Hamedan menyatakan kerja sama dibangun supaya dapat membantu memudahkan umat Islam dalam berzakat, yang begitu terkumpul akan langsung terkirim secara real-time ke akun BAZNAS.

Sistem di KESAN juga sudah terintegrasi dengan BAZNAS. Menurutnya, dengan adanya sinergi antar berbagai pihak, akan semakin memudahkan masyarakat untuk berbuat kebaikan dan saling berbagi.

“Kolaborasi KESAN dan BAZNAS kami harapkan dapat semakin membantu saudara kita yang membutuhkan. Dan, yang tak kalah penting, kami dapat memfasilitasi zakat dan sedekah umat Islam secara mudah dan amanah,” ujar Hamdan.

Sebagai informasi, aplikasi KESAN merupakan aplikasi Islami edukatif karya anak negeri yang telah diunduh lebih dari 700 ribu kali oleh para pengguna baik di dalam maupun luar negeri. Aplikasi KESAN dapat diunduh di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN (www.kesan.id).*

Baca juga: Pemkot Jaktim serahkan bantuan pendidikan bagi pelajar kurang mampu

Baca juga: Baznas luncurkan program balai ternak kelompok unggas di Madiun

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © 2022