Surabaya () – Serangkaian pertunjukan seni dan budaya mulai dari Barongsai, Leang Leong hingga Wayang Potehi digelar di Gedung Balai Budaya dan Alun-Alun Kota Surabaya, Jawa Timur, dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Sabtu, mengatakan berbagai penampilan seni dan budaya itu bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat di Kota Pahlawan.

"Menyambut Imlek, ada pertunjukan Barongsai dan Leang Leong yang digelar di halaman tengah Alun-Alun Surabaya kemarin (20/1) malam," kata dia.

Wiwiek mengatakan, berbagai tampilan seni dan budaya yang digelar tersebut bisa menjadi salah satu alternatif hiburan pada akhir pekan bagi masyarakat di Kota Pahlawan.

Selain itu, lanjut dia, setiap akhir pekan pada bulan Januari 2023, pihaknya juga menggelar berbagai tampilan seni dan budaya lainnya, di nya pada 28 Januari 2023 terdapat penampilan Musik Angklung di Plaza Timur Alun-Alun Surabaya mulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Kemudian tanggal 29 Januari 2023, ada penampilan Srimulat di Gedung Balai Budaya mulai pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga: Barongsai hingga Kera Sakti meriahkan Pasar Semawis Semarang

"Masyarakat bisa menyaksikan penampilan tersebut pada akhir pekan secara gratis," ujar dia.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang mengimbau kepada seniman dan anak muda untuk memanfaatkan Komplek Alun-Alun Surabaya, seperti Balai Pemuda dan Gedung Balai Budaya sebagai pusat kesenian dan budaya.

Oleh karena itu, kata dia, Disbudporapar Surabaya memberi ruang bagi seniman dan anak muda untuk menampilkan karyanya.

Baca juga: Tradisi Tuk Panjang kembali digelar sambut Imlek di Semarang

"Tentunya agar mereka bisa berkreasi, kami menyediakan ruang menyalurkan kreasinya," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © 2023