Banjir Bandang Terjang Kulawi Sigi, 2 Rumah Hanyut dan 3 Rusak Berat

Banjir bandang kembali menerjang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (dok. Istimewa).

Sigi

Banjir bandang kembali menerjang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dua rumah hanyut dibawa banjir dan tiga rumah lainnya rusak berat.

“Banjir yang disertai lumpur terjadi sejak pukul 8 malam tadi. Untuk data sementara, banjir merendam Desa Bolapapu dan Desa Metaue. Dua rumah hilang atau hanyut dibawa banjir dan tiga rumah lainnya rusak berat. Kami belum melakukan pendataan secara detail di desa desa lain. Dan kalau melihat situasi ada terdapat beberapa desa yang terendam. “Ungkap Camat Kulawi Rori Bagalatu kepada com pada Sabtu (8/8/2020).

Menurutnya bahwa sebelumnya intensitas hujan yang terjadi sejak pukul 17.00 Wita di Kec.Kulawi cukup tinggi. Sehingga Sungai Pangawe dan Sungai Tamurae meluap hingga menghantam pemukiman warga.

Baca juga: RSUD Torabelo Sigi Dilanda Banjir, Sejumlah Pasien Dievakuasi

Situasi saat ini wilayah Kec. Kulawi masih diguyur hujan. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang lebih besar lagi, warga yang menempati Dusun 2 Desa Bolapapu serta Dusun 1 dan Dusun 2 Desa Mataue dievakuasi ke dataran yang lebih tinggi.

“Sampai saat ini, kami belum menerima adanya laporan korban luka maupun korban jiwa dari dampak terjadinya banjir malam ini. Namun, mengangisipasi hal itu seluruh warga dievakuasi ke SD Bolapapu. Disana datarannya cukup tinggi dan aman dari banjir.”tutur Rori.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya juga kini sedang mengungsi, karena rumah tempat tinggalnya juga terendam banjir. “Sebentar kalau cuaca dan situasi sudah aman, nanti kami akan kabari lagi. Saya juga tinggal pakaian dibadan yang bisa saya selamatkan. Kini sayanbersama keluarga juga mengungsi.”ucapnya.

(aik/aik)

Next Post

Sumba Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

Ming Agu 9 , 2020
JAKARTA – Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu, 8 Agustus 2020, sekira pukul 23.32 WIB. Berdasarkan laporan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut, tepatnya, 28 km Tenggara Sumba Barat Daya. Adapun, lokasi gempa dilaporkan berada di […]