Bagaimana Perayaan Tahun Baru Imlek oleh Komunitas Asia di Seluruh Dunia

China Celebrates Lunar New Year Of Dragon

(SeaPRwire) –   Miliaran orang telah memulai perayaan Tahun Baru Imlek selama 15 hari, ditandai dengan berbagai potongan kertas merah, lentera China, dan spanduk kertas pintu yang menghiasi rumah dan bisnis.

Tahun Baru Imlek adalah salah satu hari raya paling populer di Tiongkok, meskipun dirayakan di seluruh benua Asia dan di kantong-kantong komunitas etnis di seluruh dunia. Hari raya ini menandai datangnya musim semi dan dimulainya tahun baru menurut kalender lunisolar dalam perayaan tradisi pertanian Tiongkok.

Setiap tahun, hari raya yang juga dikenal dengan Festival Musim Semi ini dimulai pada bulan baru kedua setelah bulan Pada tahun 2024, perayaan tersebut jatuh pada Sabtu, 10 Februari. dan menandai tahun . (Terdapat 12 hewan yang berbeda dalam zodiak Tiongkok—tikus, sapi, harimau, kelinci, ular, kuda, domba, monyet, ayam jantan, anjing dan babi—yang masing-masing akan menandai kepribadian dan keberuntungan mereka yang lahir selama tahun tersebut).

Naga memiliki makna khusus di Tiongkok. Naga adalah satu-satunya hewan zodiak yang mistis, dan makhluk itu sebagian besar melambangkan keberuntungan, kekuatan, ambisi, dan pesona. 

Berikut ini adalah cara masyarakat di seluruh dunia merayakannya.   

Cara Tiongkok merayakan Tahun Baru Imlek

Di negara dengan populasi terbanyak kedua di dunia, penduduk setempat Tiongkok, bersama dengan wisatawan, berkumpul untuk merayakan hari raya tersebut dengan menyalakan petasan dan kembang api.

Legenda kuno mengisahkan bahwa tradisi tersebut mengusir roh jahat, khususnya menakuti monster mitologi Nian yang diduga akan naik dari dasar laut untuk memangsa manusia dan ternak di desa-desa pada awal tahun baru. Artinya, sampai seorang lelaki tua menyadari bahwa dia dapat menakuti Nian dengan (yang mirip dengan petasan), menyalakan lilin atau memiliki lampu terang, dan menempelkan hiasan merah pada pintu.  

Tradisi tersebut telah mengakar, mendorong orang untuk menyalakan lilin merah di seluruh kuil dan menyelenggarakan pertunjukan kembang api yang berwarna-warni pada malam Tahun Baru Imlek. Beberapa perayaan telah dihentikan oleh ratusan komunitas perkotaan di Tiongkok, dengan para legislator mengutip polusi dan bahaya keselamatan sebagai alasan larangan tersebut.

Fireworks Show in Suqian

Cara AS merayakan Tahun Baru Imlek

Di seberang benua, komunitas Asia di AS juga memperingati acara yang menggembirakan itu. 

Perayaan ini sangat menonjol di California, adalah tempat tinggal bagi para imigran Tiongkok, meskipun New York juga memiliki populasi yang besar. 

Negara Bagian Emas ini merayakan hari raya mereka dengan festival yang menampilkan tari singa, dan pertunjukan seni bunga di San Marino, dan Parade Tahun Baru Imlek Naga Emas yang sangat dinanti di Los Angeles. Lebih dari masyarakat diperkirakan akan menghadiri pawai tersebut, yang telah berlangsung sejak . 

Komunitas lain, seperti Monterey Park, masih dalam duka tragedi saat mereka memperingati tahun pertama penembakan yang menewaskan 11 orang dan melukai sembilan lainnya di sebuah studio dansa lokal selama perayaan Tahun Baru Imlek.

Lunar New Year celebration in Philadelphia

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia 

Di Indonesia, keluarga-keluarga biasanya pergi ke kuil setempat untuk Tahun Baru Imlek. Beberapa kuil telah ada selama berabad-abad, seperti Kuil Yin De Yuan di ibu kota Jakarta, yang dibangun pada tahun 1650. Pusat-pusat keagamaan biasanya dihiasi dengan lentera merah dan lilin merah besar. 

Ada acara budaya menyenangkan lainnya seperti tari singa, musik, dan pertunjukan kreatif di kota Semarang. Festival lainnya adalah perpaduan budaya Tiongkok dan Jawa, seperti festival Grebeg Sudiro di Solo, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Perayaan Grebeg menampilkan tumpeng buah-buahan, sayuran, atau kue berbentuk kerucut besar yang “diperebutkan” oleh para penonton. Kebiasaan tersebut berasal dari ajaran Jawa yang menekankan bahwa orang harus bekerja untuk mendapatkan apa yang mereka makan.

INDONESIA-CULTURE-LUNAR-NEW YEAR

Cara Inggris merayakan Tahun Baru Imlek 

Asosiasi Tiongkok London Chinatown untuk menghormati hari raya tersebut, yang akan berlangsung pada hari Minggu, 11 Februari. Perayaan tersebut akan bergerak melalui Chinatown, membawa penari naga tradisional ke Trafalgar Square untuk memulai acara. Para penonton juga dapat menikmati makanan lezat, opera, dan pertunjukan seni bela diri.

“Saat Tahun Naga dimulai, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Asia Timur dan Tenggara London atas semua kontribusi mereka terhadap kota kita,” tulis Wali Kota London Sadiq Khan . “Semoga Anda semua—dan semua orang yang merayakan di ibu kota kita dan di seluruh dunia—Selamat Tahun Baru Imlek.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

BRITAIN-CHINA-CULTURE-LUNAR-NEW YEAR

Next Post

Presiden Hungaria Mundur karena Pengampunan untuk Pria yang Dihukum karena Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak

Ming Feb 11 , 2024
(SeaPRwire) –   BUDAPEST, Hungaria — Presiden konservatif Hungaria mengundurkan diri pada Sabtu menyusul kecaman publik atas grasi yang diberikannya kepada seorang pria yang dihukum sebagai pelaku bantu dalam kasus pelecehan seksual anak, keputusan yang melepaskan skandal politik tak terduga bagi pemerintah nasionalis yang lama berkuasa. Katalin Novák, 46 tahun, […]