Antusias Warga Austria Belajar Bahasa Indonesia Virtual di Masa Pandemi

KBRI di Wina membuka kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA).

Wina

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wina membuka kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Saat kondisi pandemi virus Corona, kegiatan pembelajaran ini digelar secara virtual.

Dubes RI di Wina, Darmansjah Djumala, mengatakan kelas Bahasa Indonesia yang memasuki semester ke-6 merupakan inisiasi KBRI/PTRI Wina. Kegiatan ini didukung oleh program BIPA di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bekerjasama dengan Department of Social and Cultural Anthropology, Faculty of Social Science, University of Vienna.

Baca juga: Menristek Hadiri IAEA di Wina, Perkuat Kerja Sama Teknologi Nuklir

Program ini pertama kali dibuka pada Maret 2018 yang selanjutnya masuk ke dalam sistem kredit sebagai mata kuliah pilihan di Universitas Wina sejak Oktober 2018. Kelas Bahasa Indonesia di KBRI/PTRI Wina dan di Uniwien memberikan banyak manfaat bagi para siswa sebagai peserta.

“Saya sangat menghargai semangat dan motivasi para siswa dan guru yang selalu aktif sehingga kelas Bahasa Indonesia di Austria tetap berjalan di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19,” kata Djumala, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (7/10/2020).

“Jangkauan belajar jarak jauh secara daring menjadi lebih luas, sehingga kelas Bahasa Indonesia daring ini dapat diikuti oleh siswa/peserta dari luar Kota Wina, dan dari negara sekitarnya termasuk Slovenia,” imbuhnya.

Baca juga: Peringatan HUT RI ke-74, KBRI Wina Gelar Pesta Rakyat

Sementara itu, Kepala Departemen Antropologi Sosial dan Budaya Universitas Wina, Peter Sweitzer mengatakan kerja sama yang terjalin dengan KBRI/PTRI Wina merupakan langkah yang sangat diapresiasi oleh pihak Universitas Wina. Karena, kata dia, dengan kerja sama ini akan memberikan akses kepada para siswa untuk dapat menggali dan belajar lebih jauh mengenai Indonesia.

(fas/fas)

Next Post

Gara-Gara Rekam Wanita Mandi, Bapak Dua Anak Ini Dibui

Rab Okt 7 , 2020
SURABAYA – Bapak dua anak berinisial R (36) ditangkap polisi gara-gara iseng merekam wanita yang sedang mandi. Dia ditangkap anggota Polsek Wonokromo setelah diketahui merekam menggunakan telepon seluler karena lampu flash-nya menyala. Korban yang terkejut lalu berteriak. Teriakan korban didengar warga dan akhirnya pelaku ditangkap lalu diserahkan ke Polsek Wonokromo. […]