Absen Sidang Paripurna Berujung Usulan Interpelasi Plt Gubernur Aceh

Rapat paripurna DPR Aceh (Agus Setyadi-detikcom)

Banda Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dua kali tidak hadir dalam sidang paripurna DPR Aceh. Ketidakhadiran Nova berujung pada usulan interpelasi oleh sejumlah anggota Dewan.

Sidang paripurna terkait ‘pertanggungjawaban pelaksanaan APBA tahun 2019’ seharusnya digelar DPR Aceh pada Senin (31/8). Karena Nova tidak hadir, sidang ditunda menjadi Selasa (1/9/2020). Namun, Nova kembali tidak hadir. Sejumlah anggota Dewan kemudian menyampaikan unek-unek mereka saat menginterupsi persidangan.

Baca juga: Anggota DPRA Usul Interpelasi Plt Gubernur Aceh, Ini Aturannya

Ketua Komisi II DPR Aceh Irpannusir menyarankan anggota DPR Aceh melakukan lobi-lobi sehingga Nova menghadiri persidangan. Bila hal itu juga tidak berhasil, katanya, ada opsi menggunakan hak interpelasi hingga pemakzulan.

“Tapi kalau tidak (berhasil lobi-lobi), opsi yang terakhir seperti yang disampaikan oleh Iskandar. Secara konstitusi kita akan melakukan interpelasi. Bila perlu, kita gulingkan gubernur itu di dalam ruang ini. Jangan pernah takut,” kata politikus PAN ini.

Sejauh ini, ada 55 anggota DPR Aceh sudah meneken usulan hak interpelasi terhadap Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Usulan tersebut kini diserahkan ke pimpinan fraksi.

“Kami rencana tadi jam 10.00 WIB akan kami serahkan usulan interpelasi ke Ketua DPR Aceh. Tapi karena ada rapat fraksi sehingga kami tunda. Kami tunggu hasil rapat pimpinan fraksi,” kata anggota DPR Aceh Iskandar Usman Alfarlaky kepada wartawan, Senin (7/9).

Baca juga: Tak Teken Usul Interpelasi, PPP: Plt Gubernur Aceh Masih On The Track

Menurutnya, berkas usulan interpelasi sudah diserahkan oleh para inisiator ke pimpinan fraksi. Ada lima inisiator yaitu Iskandar dari Partai Aceh, M Fahlevi Kirani dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Ipannusir dari PAN, Muslem Syamsuddin dari Partai SIRA, serta Tarmizi dari Partai Aceh.

Iskandar menyebutkan berkas usulan tersebut diteken oleh enam fraksi dari sembilan fraksi di DPR Aceh. Fraksi yang tidak mendukung adalah Fraksi Demokrat, Fraksi PPP, serta Fraksi PKB-Partai Daerah Aceh (PDA).

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Kapolri Berikan Pin Emas ke Tiga Kombes Peraih Predikat WBK Pertama

Sel Sep 8 , 2020
Jakarta – Kapolri memberikan penghargaan pin emas kepada tiga orang perwira menengah (pamen) berpangkat kombes. Penghargaan itu diberikan karena daerah yang dipimpin oleh ketiganya meraih predikat wilayah bebas korupsi (WBK). Pemberian penghargaan diwakilkan oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Adapun ketiga kombes itu adalah Kombes Muhammad Anwar Nasir saat menjabat […]