7 Wilayah Terendam Banjir Akibat Hujan Deras di Hulu Kali Bekasi

Kondisi permukiman di Rawajati, Jaksel, yang terendam banjir, Senin (5/2/2018) malam

Bekasi

Sejumlah wilayah di Kota Bekasi terendam banjir pada Sabtu malam. Banjir terjadi akibat luapan Kali Bekasi.

Kasi Rehabilitasi, Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Hendra mengatakan, ada tujuh wilayah di Bekasi yang terendam banjir. Ketujuh wilayah itu yakni Villa Jati Rasa, Nusa Indah, Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Kartini, Teluk Pucung dan Kemang Ifi.

“Ada beberapa titik (banjir) yang pertama di Villa Jati Rasa, kedua di PGP, yang ketiga di Pondok Nusa Lestari, keempat di Kemang Ifi, terus di Kartini, Teluk Pucung, kebetulan wilayah ini wilayah bantaran kali,” ujar Hendra saat dihubungi, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Perumahan di Pondok Gede dan Villa Nusa Indah Bekasi Banjir Setinggi 2 Meter

Hendra mengatakan, hujan deras yang berada di hulu mengakibatkan Kali Bekasi tidak dapat menampung debit air. Menurutnya, hulu Kali Bekasi berada di Cileungsi dan Cikeas.

“(Banjir akibat luapan) Kali Bekasi ini ada dua hulu, hulunya itu Cileungsi dan Cikeas. kita ini pertemuan hulu Cileungsi dan Cikeas. Ini hujan di hulu jam 16.00 WIB sudah mulai naik tinggi muka air,” katanya.

Baca juga: Puncak La Nina Terjadi Akhir Tahun, 12 Daerah di Jabar Rawan Banjir dan Longsor

Menurutnya, air mulai masuk ke permukiman warga pada pukul 23.30 WIB. Air masuk dari rembesan tanggul.

“Ya memang yang signifikan setengah 12, karena memang dia kan rembesan dari tanggul,” kata Hendra.

Menurutnya, banjir paling parah berada di Villa Jati Rasa. Di sini, tinggi air sekitar 190 cm.

“(Villa Jati Rasa) tinggi (banjir) sekitar 190-an lah. (Villa Nusa Indah) tadi 150,” katanya.

Hendra mengatakan, pihaknya hingga kini masih mendata jumlah pengungsi. “Jumlah pengungsi itu kebetulan lagi kita data. Yang jelas kita sesuai dengan SOP, kita siapkan tim untuk evakuasi di semua titik, perahu, pelampung, untuk evakuasi tertuama anak-anak, wanita dan lanjut usia, juga yang lagi sakit itu jadi prioritas,” imbuh Hendra.

(man/man)

Next Post

Lumajang Diguncang Gempa Magnitudo 3,2, Kedalaman 10 KM

Ming Okt 25 , 2020
Lumajang – Gempa bumi berkekuatan magnutudo 3,2 terjadi di Lumajang, Jawa Timur. Pusat gempa berada di laut 45 km tenggara Lumajang. Gempa tersebut pada Sabtu (24/10/2020) pukul 22.29 WIB. Namun, informasi tersebut baru diunggah di akun Twitter BMKG pada Minggu (25/20/2020) pukul 02.35 WIB. Baca juga: Pulau Dewata Rawan Gempa […]