4 Napi yang Catut Nama Menlu Tipu Korban di Belasan Negara

Menlu Retno Marsudi

Jakarta

Bareskrim menangkap empat narapidana yang menipu dengan mencatut nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Korban dari sindikat ini tersebar di belasan negara.

“Ya benar, anggota kami masih berada di lapangan dan masih melakukan penggeledahan,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi kepada com, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Bareskrim Ciduk 5 Pengoplos Gas Melon di Tangerang, 760 Tabung Disita

Korban dari aksi penipuan ini berada antara lain di Korea Selatan, Brunei Darusalam, Amerika Serikat, Kanada, Arab Saudi, dan Malaysia. Korban juga ada yang berada di Sudan, Belanda, Rusia, Jepang, Korea Utara, Meksiko, Spanyol, dan Belgia.

Keempat tersangka itu berinisial DA (32), K (37), JS (41), dan D (30). Dari informasi yang diterima, keempat tersangka ini bukan hanya mengaku sebagai Menlu Retno, tapi juga mengaku sebagai Duta Besar RI, Konsulat Jenderal RI, hingga anggota DPR kepada korbannya.

Baca juga: Catut Nama Menlu untuk Menipu dari Balik Lapas, 4 Napi Ditangkap

Dari para tersangka, polisi menyita 16 ponsel yang disembunyikan di masing-masing sel pelaku. Para pelaku pun melengkapi aksi mereka dengan modem internet.

Belum ada penjelasan terkait modus operandi para pelaku memperdaya korbannya yang berada di luar negeri.

(eva/aud)

Next Post

Sejarah Perebutan Tahta di Keraton Kasepuhan Cirebon

Sab Agu 8 , 2020
CIREBON – Pengukuhan Rahardjo Djali sebagai Polmak atau pejabat sementara (Pjs) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat menuai polemik. Sebab, pengukuhan tersebut dianggap tidak sah oleh putra mahkota Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Luqman Zulkaedin. Ia menilai, pengukuhan Rahardjo Djali sebagai Polmak Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon sudah menciderai tradisi keraton yang […]